Cara Uji Coba Circuit Breaker Dengan Multimeter

multitester

MCB, MCCB atau Circuit Breaker yang rusak dapat meningkatkan resiko terjadinya konslet atau electrical overload di rumah ataupun kantor anda. Overload atau kelebihan daya yang terjadi dapat membuat aliran listrik anda konslet dan jika dibiarkan, terkadang dapat menyebabkan kebakaran.

Menguji coba Circuit Breaker adalah proses yang penting untuk memastikan keadaan aliran listrik di suatu panel listrik. Cara yang paling efisien untuk melakukan test tersebut adalah menggunakan multimeter. Multimeter adalah alat pengukuran yang bekerja dengan cara menggabungkan beberapa teknik pengukuran menjadi satu unit. Multimeter dapat mengukur volt, amper dan ohms dari saklar dan juga breaker.

Berikut adalah langkah prosedur para teknisi listrik untuk menguji coba circuit breaker melalui multimeter:

Langkah Pengetesan Circuit Breaker Dengan Multimeter

  • Pertama, teknisi harus memastikan area sekitar panel listrik sudah kering, atau steril dari cairan basah yang dapat menyebabkan tegangan. Jika masih ada genangan, teknisi servis tersebut akan mengepelnya terlebih dahulu sebelum membuka panel listrik.
  • Sebelum pengecekan dengan multimeter, teknisi akan membuka box yang berisi circuit breaker dan memilah breaker yang akan dilakukan tes tersebut.
  • Teknisi lalu akan mematikan semua lampu dan alat elektronik yang ditenagai oleh circuit breaker yang akan diuji coba.
  • Setting AC Volts (atau biasa disebut “ACV”) adalah settingan dari multimeter yang akan digunakan oleh teknisi untuk melakukan proses uji coba tersebut ke circuit breaker.
  • Lalu dia akan menempelkan satu jarum dari multimeter ke sekrup dari terminal breaker dan satu lagi ke sekrup yang berada di bawah. sekrup yang dibawah biasanya berlokasi disekitar bar besi/metal yang berada di bagian kanan dari panel listrik.
  • Ketika kedua jarum ini sudah terhubung, multimeter akan membaca dan memperlihatkan potensi dari voltase di posisi breaker anda.
  • Jika multimeter membaca angka 0, maka breaker anda rusak dan perlu diperbarui.

Karena panel listrik dan circuit breaker dapat menyebabkan resiko sengatan listrik yang fatal, sangat disarankan agar teknisi profesional yang mengetest, mendiagnosis, dan menservis circuit breaker anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.