MCB Rusak? Masih Layak? Ini Tips Untuk Mengetahui Kondisi Circuit Breaker-mu!

mcb rusak

Circuit Breaker dapat malfungsi atau bahkan rusak dari beberapa sebab. Kebanyakan disebabkan oleh overloaded circuit atau kelebihan daya, tidak di reset sebagaimana mestinya, atau short circuit/hubungan singkat atau lebih biasa dikenal dengan istilah konslet.

Peran dari MCB/MCCB (Jenis circuit breaker) adalah untuk menjaga kamu dari kegagalan komponen listrik dan kebakaran, jadi penting untuk kamu tahu kondisi dari circuit breaker mu.

Apakah Circuit Breaker Saya Sudah Jelek?

Jika kamu merasa MCB/MCCB yang berada dirumah ataupun kantor memiliki masalah, maka disitulah saatnya kamu untuk memanggil teknisi. Tapi sebelumnya, kami akan membagi tips langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk memastikan apakah circuit breaker-mu bermasalah.

  1. Identifikasi sirkuit yang menggunakan breaker tersebut

Ketika kamu menyadari masalah untuk pertama kali dari circuit breaker, pastikan circuit atau jaringan yang diamankan oleh breaker. Caranya, beralihlah ke panel listrik mu dan lihat salah satu dari hal ini:

  • Label disebelah breaker yang bermasalah
  • Diagram di pintu panel sirkuit/jaringan

Label atau diagram tersebut biasanya tertera sirkuit/jaringan mana yang menggunakan breaker tersebut. Jika tidak ada label atau diagram di panelmu, sebaiknya kamu labeli sendiri untuk menjaga-jaga. Contoh: Breaker A untuk ruang makan, dapur, dan alat-alat dapur.

  1. Cabut alat-alat elektronik anda

Ketika anda sudah mengidentifikasi sirkuit yang dikontrol oleh MCB yang bermasalah, pastikan breaker tersebut dalam keadaan mati atau OFF, dan cabut semua alat elektronik yang terhubung di jaringan tersebut. Ini mencegah adanya konflik di jaringan listrik saat anda menjalankan step 3.

  1. Reset Circuit Breaker anda

Ketika seluruh alat elektronik sudah dicabut, anda dapat melakukan reset dengan menekan breaker lagi kembali ke posisi ON. Jika anda tidak mendengar suara klik yang nyaring saat switch, kemungkinan breaker anda sudah usang.

Setelah mereset MCB, jika switchnya tidak balik lagi ke posisi OFF, kemungkinan masalahnya terjadi karena aliran yang berlebihan, atau overloaded. Sebaiknya anda memindahkan beberapa alat elektronik anda ke jaringan/sirkuit lain, lalu reset kembali circuit breaker anda.

Jika switchnya langsung kembali ke posisi OFF seketika, maka masalahnya ada pada konsleting atau breaker yang rusak. Jika hal ini terjadi ada baiknya jika anda langsung menghubungi teknisi listrik atau PLN sebelum terjadinya masalah yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.